Jumat, 25 Januari 2013

Walikota Bogor Pertanyakan Greater Jakarta


Walikota Bogor, Jawa Barat, Diani Budiarto, menyatakan Pemerintah Kota Bogor siap-siap saja dengan konsep Greater Jakarta yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun, sebelum dilaksanakan, Pemerintah pusat mestinya harus menjelaskan konsep ini kepada kota-kota di sekitar Jakarta yang ikut proyek ini.

"Sepanjang konsep The Greater Jakarta untuk kebaikan masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya,  kami siap  menerima," ujar Diani kepada VIVAnews, usai melantik Pengurus Daerah (PD) Pasar Kota Bogor, di ruang rapat satu Pemerintah Kota Bogor, Jum'at 4 Februari 2011.

Diani mempertanyakan konsep Greater Jakarta.  Pemerintah pusat pernah mencanangkan a konsep Megapolitan dan Bogor, Puncak dan Cianjur (Bopunjur), tapi tidak efektif realisasinya. "Sekarang ini muncul konsep Greater Jakarta, yang kami juga masih mempertanyakan maksud dan tujuan dengan konsep tersebut," ujarnya.

Diani menyarankan agar pemerintah pusat mengatur secara spesifik peran daerah-daerah sebagai penyangga Ibu kota DKI Jakarta. "Selama ini, belum ada Undang-Undang yang mengatur secara khusus tentang daerah-daerah penyangga ibu kota," katanya.

Selain itu, Diani juga mempertanyakan respons Pemerintah DKI Jakarta terhadap konsep Greater Jakarta tersebut. "Kira-kira mau tidak DKI Jakarta dengan adanya konsep tersebut," katanya.

Greater Jakarta dilontarkan Presiden awal Januari lalu usai bertemu Rektor Institut Teknologi Bandung. Konsep Greater Jakarta lebih luas dari Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dengan memasukkan Purwakarta dan Sukabumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar