Kamis, 24 Januari 2013

"Apa Kontribusi Greater Jakarta untuk Bogor?"


Bupati Bogor, Jawa Barat, Rachmat Yasin, siap menerima konsep The Greater Jakarta yang dicanangkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Asalkan jelas kontribusi untuk Kabupaten Bogor, kami siap terima," kata Rachmat Yasin, kepada VIVAnews, di Pemda Bogor, Senin 07 Februari 2011.

Ia mengatakan, sejak dulu pihaknya menerima konsep Megapolitan. Apalagi, konsep The Greater Jakarta yang bertujuan mensinergikan Jakarta dan kota-kota di sekitarnya. "Intinya, kami siap menerima di bawah pengaturan DKI Jakarta," katanya.

Pertanyaan senada sebelumnya muncul dari Walikota Bogor, Jawa Barat, Diani Budiarto. Diani menyatakan Pemerintah Kota Bogor siap-siap saja dengan konsep The Greater Jakarta yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun, sebelum dilaksanakan, Pemerintah pusat mestinya harus menjelaskan konsep ini kepada kota-kota di sekitar Jakarta yang ikut proyek ini.

Diani mempertanyakan konsep The Greater Jakarta.  Pemerintah pusat pernah mencanangkan konsep Megapolitan dan Bogor, Puncak dan Cianjur (Bopunjur), tapi tidak efektif realisasinya. "Sekarang ini muncul konsep Greater Jakarta, yang kami juga masih mempertanyakan maksud dan tujuan dengan konsep tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Wato, Ketua Deputi Perencanaan dan Pengembangan Wilayah Daerah 1 Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera, mengatakan, konsep The Greater Jakarta bisa menciptakan stabilitas sosial dan politik, pertumbuhan ekonomi,  menjadi daerah penyangga baik untuk jangka panjang, menengah dan pendek. Namun konsep itu harus matang dan integral berdasarkan hasil kajian para ahli multidimensi yang melibatkan arus bawah daerah-daerah penyangga DKI Jakarta, bukan merupakan konsep dadakan, parsial, atau reaksioner.

Karena, kata dia, persoalan Jakarta merupakan persoalan bersama. Apalagi, jika gagasan ini muncul karena pesanan pengusaha yang mempunyai banyak aset di wilayah penyangga.

Konsep Greater Jakarta dilontarkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono usai menerima Rektor Institut Teknologi Bandung, Akhmaloka 11 Januari lalu. Juru Bicara Presiden Julian Pasha menjelaskan, Greater Jakarta ini nanti juga mencakup Purwakarta dan Sukabumi, lebih besar dari konsep Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang selama ini ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar