Kamis, 10 Januari 2013

Menpora Siapkan Lima Cabang Olahraga Andalan


Kontingen Indonesia gagal membawa pulang medali emas dari ajang olimpiade. Hasil itu merupakan yang terburuk. Target 1 emas plus dari Presiden SBY saat melepas keberangkatan kontingen itu kandas.

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng menyayangkan hal itu. Evaluasinya, karena kontingen hanya menumpukan pada satu cabang olah raga, yakni bulutangkis. Cabang yang dijadikan tumpuan itu bahkan gagal membawa pulang medali.

"Sayang sekali kita selama ini bergantung pada satu cabang olahraga. cuma kali ini tidak bisa dapat satu medali pun," kata Andi di Istana Negara, hari ini.

Andi pun menyadari ketergantungan pada satu cabang itu tidak sehat. Sebab itu, ke depan harus ada lima cabang olahraga yang disiapkan, agar beban dari bulutangkis berkurang. "Karena sekarang bergantung sekali dari bulutangkis, begitu bulutangkis turun ya prestasi turun di olimpiade," ujarnya.

Menurutnya, cabang olahraga yang bakal disiapkan itu antara lain angkat besi dan panahan. "Empat tahun akan dilakukan pembinaan. Tapi bulutangkis juga harus bangkit, harus ada perubahan-perubahan, ada regenerasi," ujarnya.

Biaya pembinaan selain dari pemerintah juga menggandeng sponsor. "Ada banyak alternatif. dari sponsor juga, pembiayaan jangka panjang juga harus baik lagi, baik dari pemerintah, BUMN maupun swasta dan masyarakat," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar